Profil Lembaga

A. Latar Belakang
Bahwa alam semesta sebagian karunia atas kebesaran NYA wajib dan sepatutnya di syukuri. Dan bahwa alam semesta dengan segala kekayaan sebagai salah satu karunia Tuhan maka sudah seharusnya dan kewajiban kita untuk mencari dan menggali kekayaan itu serta memelihara kelestarian alamnya untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur.

Mahasiswa sebagai insan akademis yang sadar akan hak dan kewajibannya serta peranan dan tanggung jawab kepada almamater, bangsa, dan tanah air bertekad memberikan dharma baktinya dengan iklas dan tanggung jawab. Meyakini bahwa untuk mencapai tujuan tersebut hanyalah dengan taufik dan hidayatnya serta usaha yang sungguh-sungguh maka kami mahasiswa universitas malikussaleh menghimpun diri dalam wadah PECINTA ALAM dengan nama UKM – PA “UMPAL” Universitas Malikussaleh yang berpedoman kepada Anggaran Dasar dan Rumah Tangga.

UKM – PA “UMPAL” Universitas Malikussaleh merupakan organisasi mahasiswa yang bergerak di bidang kepedulian akan lingkungan hidup yang berada dibawah panji Universitas Malikussaleh. Usaha-usaha yang dilakukan lebih menitikberatkan pada penciptaan insan akademis yang memiliki rasa tanggung jawab dan loyalitas pada bangsa dan Negara yang kita cintai ini. Indonesia hijau merupakan salah satu kawasan paru– paru kehidupan didunia. kawasan hutan ini merupakan daerah hutan tropis yang sudah sangat memperihatinkan. UKM-PA UMPAL merupakan Lembaga yang didirikan pada pada tahun 2003 di Universitas Malikussaleh dan disahkan pada tahun 2003 dengan ditunjuk sebagai badan pendiri adalah sdr. Muntazar dan Sdr. Faisal Julianto Mahasiswa Fakultas Teknik Unimal. Selanjutnya pada tahun 2004 setelah melakukan pendidikan angkatan pertama dan proses pemilihan ketua baru,yaitu Ketua Umum, Sekretaris Umum dan Bendahara dan pembentukan devisi devisi yang pengukuhannya dengan keluar Surat Keputusan Rektor pada tanggal 23 Maret 2004 s/d seturusnya

B. Visi
Penguatan organisasi mahasiswa yang bergabung dalam bidang kepecinta alaman ada juga peningkatan kapasitas lembaga serta juga pengembangan jaringan guna mendorong kemandirian anggota organisasi dan Universitas untuk terlibat aktif dalam pembangunan, sosial, budaya, ekonomi yang ramah lingkungan.

C. Misi
Untuk mewujudkan Visi UKM-PA “UMPAL” mempunyai Misi utama yaitu:
  1. Diskusi dengan Lembaga-lembaga pecinta alam yang ada di Aceh yang sebelumnya memang sudah kokoh dan juga dengan lembaga-lembaga pecinta alam seluruh indonesia.
  2. Kampanye minta pemberhentian penebangan hutan ( Illegal Logging ) yang ada di Aceh untuk kelangsungan rantai kehidupan yang hakiki, juga menggalang solidaritas ditingkat nasional.
  3. Membangun jaringan organisasi baik ditingkatan daerah maupun nasional
  4. Adanya nilai positif yang bisa disumbangkan untuk Universitas dan daerah
  5. Mengadakan pelatihan ataupun kegiatan beserta seminar yang bertemakan tentang lingkungan hidup.
  6. Berupaya menjadi media ataupun wadah bagi sponsor yang dapat menerima manfaat bila akan mendukung suatu kegiatan yang bergerak di bidang lingkungan hidup.

D. Dasar, Azas dan Sifat
  1. Dasar organisasi ini berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  2. Azas organisasi ini berdasarkan azas Islam.
  3. Sifat organisasi ini adalah edukasi, dedikasi, dan rekreasi.

E. Fungsi dan Tujuan
UKM-PA “UMPAL” Universitas Malikussaleh berfungsi sebagai suatu modal untuk membina mahasiswa agar dapat berwatak kreatif, dinamis dan berbakti kepada almamater, cinta kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan ikut bertanggung jawab atas terlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tujuan :
  1. Membina pribadi anggota untuk dapat lebih mengenal dan melestarikan kekayaan sumber daya alam serta memupuk jiwa cinta akan tanah air.
  2. Membina dan mengembangkan potensi kreatif keilmuan dan budaya mahasiswa.
  3. Mengambil peranan aktif dan sikap positif dalam kegiatan Dharma Bakti kemasyarakatan.
  4. Mengaplikasikan butir-butir dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
  5. Menjalin persatuan dan kesatuan sesama pecinta alam di Nanggroe Aceh Darussalam pada khususnya dan di Indonesia pada umumnya.
  6. Menciptkan kaderlisasi sebagai mahasiswa penduli lingkungan

Dalam mencapai fungsi dan tujuan, maka UKM-PA “UMPAL” Universitas Malikussaleh melakukan sebagai berikut :
  1. Mengadakan kegiatan kelestarian alam dan lingkungan.
  2. Mengadakan kegiatan yang sesuai dengan program pembangunan serta sesuai dengan program kerja kepengurusan UKM-PA “UMPAL” Universitas Malikussaleh.
  3. Mengadakan kegiatan bakti sosial, dan SAR.
  4. Memperingati hari-hari besar lingkungan.
  5. Mengadakan kegiatan ekspedisi ataupun penelitian demi kepentingan dan kemajuan organisasi khususnya, masyarakat pada umumnya.
  6. Mengadakan kegiatan pendidikan

F. Struktur Organisasi
Struktur organisasi UKM-PA “UMPAL” Universitas Malikussaleh terdiri dari :
  • Penasehat.
  • Pembina.

Pengurus terdiri dari :
  • Dewan pendamping pengurus
  • Ketua umum.
  • Sekretaris umum.
  • Bendahara umum.
  • Biro - Biro
  • Divisi - Divisi

G. Ikrar
Ikrar organisasi UKM-PA “UMPAL”:
  1. Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Taat dan patuh terhadap peraturan organisasi
  3. Saling menghargai dan menghormati
  4. Sesama UKM-PA “UMPAL” adalah saudara
  5. Menjunjung tinggi senioritas
  6. Setia kepada Kode Etik Pencinta Alam Indonesia
  7. Sesama anggota PA adalah saudara

H. Ruang Lingkup dan Struktural
Degradasi lingkungan dirasa semakin parah, maka peran pencinta alam sangat penting untuk membantu melestarikan lingkungan. Untuk melengkapi perannya sebagai duta lingkungan hidup, UMPAL sebagai organisasi pencinta alam yang notabene anggotanya adalah seorang Mahasiswa, dituntut pula untuk mengupgrade ilmu dan pengetahuan dan minat serta niat yang tulus untuk selalu belajar, menambah pengetahuannya bukan hanya hal-hal yang menyangkut tentang outdoor skill tetapi juga harus beretika dan berintelektual. Adapun stuktural mencakup sebagai berikut :
  • Biro Humas
  • Biro Diklat
  • Biro Perlengkapan

Untuk kesempurnaan di bentuk divisi-divisi yaitu :

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Copyright 2010-2011 UMPAL All Rights Reserved.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.